Laman

Minggu, 21 Maret 2010

Sekelumit Arti Dari Kundalini
semoga dengan sdikit penjelasan ini,bro2 n sis2 smua tidak bingung...selamat membaca^^

Kundalini
adalah :

Setiap yang membahas Kundalini menceritakan bahwa Kundalini adalah sebuah kekuatan yang dapat memberikan berbagai kekuatan psikis yang luar biasa pada seseorang. Kundalini berasal dari kata sansekerta yang berarti gulungan. Dalam keadaan tidur, Kundalini berbentuk sebuah gulungan tiga setengah lingkaran di bawah tulang ekor. Saat bangkit, kundalini akan merambat keatas melalui tulang ekor dan tulang punggung untuk mencapai puncak kepala (mahkota). Kundalini biasa juga disebut sebagai DewiUlar karena bentuknya yang bergulung saat tidur dan kenaikannya yang tidak selalu lurus.

Saat merambat keatas, Kundalini akan melakukan pembersihan-pembersihan dari seluruh hambatan dan karma-yaitu akibat dari setiap interaksi dalam bentuk perbuatan ataupun pemikiran-termasuk yang berasal dari seluruh kehidupan yang lalu. Apabila Kundalini mencapai sebuah pusat energi eterik (cakra), cakra tersebut akan terbuka, dan kemampuan psikis dari cakra tersebut mulai aktif. Proses kebangkitan kundalini dikatakan sempurna setelah kundalini membuka cakra mahkota, sehingga yang bersangkutan dapat mencapai pencerahan.

Tetapi, uraian diatas banyak di salah artikan. Banyak yang beranggapan bahwa keseluruhan proses mulai dari bangkitnya Kundalini banyak disalah artikan. Banyak yang beranggapan bahwa keseluruhan proses mulai dari bangkitnya Kundalini sampai sempurnanya keseluruhan proses hanya membutuhkan waktu yang singkat.

Sebenarnya, dibutuhkan waktu yang panjang sebelum Kundalini mencapai cakra mahkota. Memang panjangnya waktu yang dibutuhkan biasanya berbeda pada setiap orang. Tetapi, biasanya Kundalini membutuhkan waktu beberapa tahun sebelum mencapai cakra mahkota. Dalam beberapa kasus khusus, pembersihan sebuah cakra yang bermasalah mungkin membutuhkan waktu sampai 2 tahun!

Walaupun demikian, harus diakui bahwa pada segelintir orang proses kebangkitan Kundalini mereka hanya membutuhkan waktu yang amat singkat untuk mencapai cakra mahkota. Dalam beberapa kasus khusus, ada yang hanya membutuhkan waktu yang hanya beberapa hari saja untuk keseluruhan proses.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai kebangkitan dan proses pembersihan Kundalini, pengetahuan lebih dalam mengenai kundalini amat dibutuhkan. Dipercaya Kundalini memasuki tubuh saat jabgang bayi berusia 2-3 bulan dalam kandungan. Memasuki jabang dibagian yang merupakan cikal bakal kepala, Kundalini turun dan bersemayam dalam bentuk 31/2 lingkaran dibawah tulang ekor. Dalam perjalanan turun inilah Kundalini membentuk jalur utama di tengah tulang punggung yang disebut juga sebagai sushumna dan dua jalur disebelah kiri dan kanan.

Secara umum, sushumna ditengah tulang punggung selalu diasosiasikan sebagai jalur Kundalini. Sebenarnya, ditengah sushumna terdapat saluran Vajrini yang didalamnya lagi terdapat saluran Chitrini. Chitrini inilah saluran yang sebenarnya dari Kundalini. Tetapi untuk mempermudah, dalam pembahasan selanjutnya sushumna itulah yang akan disebut sebagai jalur Kundalini.jalur kiri disebut juga ida yang mengandung unsur dingin. Jalur kanan disebut juga Pingala yang mengandung unsur panas. Kedua jalur Ida dan Pingala tidak mengarah lurus ke atas, melainkan berbelok-belok ke belahan tubuh yang lain. Walaupun saling bersilangan di beberapa tempat tubuh, ida dan pinggala tidak saling menyentuh, sampai ketika mencapai pusat kepala dibelakang alis. Setelah persilangan ditengah kepala, ida mengarah kebagian kanan, sedagkan pingala mengarah kebagian kiri.

Di jalur utama (sushumna) ini juga terdapat pusat-pusat energi eterik (cakra) utama. Yaitu :

1. Cakra dasar (mooladhara) yang terletak diujung tulang ekor.
2. Cakra seks (swadisthan) yang terletak di kelamin.
3. Cakra Pusar (nabbi) yang terletak dipusar.
4. Cakra jantung (vishnu) yang sebagai namanya, terletak ditengah dada diantara puting susu.
5. Cakra tenggorokan (vishuddhi) yang terletak di tengah tenggorokan, beberapa milimeter dibawah pita suara.
6. Cakra Mata ketiga (agnya) yang terletak diantara kedua alis.
7. Cakra Mahkota (sahasrara) yang terletak diubun-ubun.
Beberapa cakra dibagian atas tubuh (cakra tenggorokan, cakra mata ketiga dan cakra mahkota) mempunyai kemampuan psikis yang amat menarik. Tetapi, jalan yang harus ditempuh cukup panjang sebelum sebuah kemampuan psikis dapat diperoleh. Pertama-tama, Kundalini harus mencapai cakra yang bersangkutan. Setelah mencapai cakra tersebut, Kundalini membutuhkan waktu untuk membersihkannya. Setelah bersih, barulah kemampuan psikis mulai timbul.

Pada awalnya, kemampuan psikis yang timbul amatlah minim sebagaimana kemampuan seorang bayi yang baru lahir. Seorang bayi yang belum lahir belum mampu melakukan banyak hal. Bayi tersebut harus banyak berlatih dan membutuhkan waktu yang banyak untuk dapat merangkak, berjalan dan terakhir berlari. Kemampuan psikis yang timbul setelah sebuah cakra bersih juga membutuhkan latihan yang cukup panjang sebelum dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Tetapi, sebagaimana yang selalu diperingatkan oleh para guru spiritual, pengunaan tenaga Kundalini untuk kebutuhan kemampuan psikis akan mengakitbatkan pembelokan tenaga Kundalini. Arus tenaga Kundalini yang pada mulanya mengalir keatas kearah cakra mahkota akan berbelok ke cakra yang mempunyai kemampuan psikis tersebut. Jadi, pengembangan kemampuan psikis mungkin memperlambat tercapainya tujuan utama dari Kundalini, yaitu mencapai kesadaran sejati, pencerahan dan persatuan dengan ilahi.

Kundalini adalah kekuatan yang luar biasa dan tidak terbatas.Tetapi, apabila tubuh fisik dan eterik seseorang belum cukup bersih untuk menerima dan memanfaatkan tenaga Kundalini secara benar, maka tenaga Kundalini mungkin berakibat negatif. Pada kebanyakan orang, tenaga Kundalini harus melakukan pembersihan selama bertahun-tahun pada tubuh fisik dan eterik. Rasa takut dan penanganan yang tidak benar menimbulkan akibat yang lebih jelek, sehingga mungkin mengakibatkan rasa sakit dan pengaruh kejiwaan. Dalam beberapa kasus, ada yang sampai masuk kerumah sakit jiwa selama beberapa tahun.

Masalah ini bukanlah sekedar cerita belaka. Berhubungan dengan ratusan orang diberbagai belahan dunia melalui internet. Oleh sebab itu, sebelum mempelajari Kundalini lebih dalam, harus diketahui dengan jelas segala keuntungan dan resikonya.

* Dalam berdiskusi mengenai Kundalini, amat dianjurkan untuk berdiskusi hanya dengan orang-orang yang telah mengalami kebangkitan Kundalininya. Cukup banyak orang yang menulis mengenai Kundalini berdasarkan cerita yang didengar ataupun buku yang dibaca. Sumber informasi yang seperti ini mungkin kurang lengkap, karena banyak detail yang tidak dapat diketahui tanpa pengalaman langsung.

http://www.duniasex.com/forum/showthread.php?t=54006&goto=nextnewest

Tidak ada komentar:

Posting Komentar