Laman

Selasa, 23 Maret 2010

hukum Meminta Tolong kepada Jin
semoga bermanfaat


meminta bantuan kepada jin ada tiga bentuk:

1. Pertama: Meminta bantuan dlm perkara ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

seperti menjadi pengganti di dlm menyampaikan ajaran agama. Contoh apabila seseorang memiliki teman jin yg beriman dan jin tersebut menimba ilmu darinya. Maksud jin tersebut menimba ilmu dari kalangan manusia kemudian setelah itu menjadikan jin tersebut sebagai da’i utk menyampaikan syariat kepada kaum atau menjadikan dia pembantu di dlm ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala mk hal ini tdk mengapa.

Bahkan terkadang menjadi sesuatu yg terpuji dan termasuk dakwah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana telah terjadi bahwa sekumpulan jin menghadiri majelis Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan dibacakan kepada mereka Al-Qur`an. Selanjut mereka kembali kepada kaum sebagai pemberi peringatan.

Di kalangan jin sendiri terdapat orang2 yg shalih ahli ibadah zuhud dan ada pula ulama krn orang yg akan memberikan peringatan semesti mengetahui tentang apa yg dibawa dan dia adl seseorang yg taat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala di dlm memberikan peringatan tersebut.


2. Kedua: Meminta bantuan kepada mereka dlm perkara yg diperbolehkan.

Hal ini diperbolehkan dgn syarat wasilah utk mendapatkan bantuan jin tersebut adl sesuatu yg boleh dan bukan perkara yg haram. seperti bilamana jin itu tdk mau memberikan bantuan melainkan dgn menyembelih sujud atau selainnya.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah menyebutkan sebuah riwayat bahwa ‘Umar radhiallahu ‘anhu terlambat datang dlm sebuah perjalanan hingga mengganggu pikiran Abu Musa radhiallahu ‘anhu. Kemudian mereka berkata kepada Abu Musa radhiallahu ‘anhu: “Sesungguh di antara penduduk negeri itu ada seorang wanita yg memiliki teman dari kalangan jin. Bagaimana jika wanita itu diperintahkan agar mengutus teman utk mencari kabar di mana posisi ‘Umar radhiallahu ‘anhu?” Lalu dia melakukan kemudian jin itu kembali dan mengatakan: “Amirul Mukminin tdk apa-apa dan dia sedang memberikan tanda bagi unta shadaqah di tempat orang itu.”

Inilah bentuk meminta pertolongan kepada mereka dlm perkara yg diperbolehkan.

3. Ketiga: Meminta bantuan kepada mereka dlm perkara yg diharamkan

seperti mengambil harta orang lain menakut-nakuti mereka atau semisalnya. mk hal ini adl sangat diharamkan di dlm agama.

Kemudian bila cara itu adl syirik mk meminta tolong kepada mereka adl syirik dan bila wasilah itu tdk syirik mk akan menjadi sesuatu yg bermaksiat.

Seperti bila ada jin yg fasik berteman dgn manusia yg fasik lalu manusia yg fasik itu meminta bantuan kepada jin tersebut dlm perkara dosa dan maksiat. mk meminta bantuan yg seperti ini hukum maksiat dan tdk sampai ke batas syirik.

http://www.duniasex.com/forum/showthread.php?t=435427&goto=nextoldest

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar